Saat SD Unggulan AL-YA’LU divisitasi Tim Penilai Adiwiyata Provinsi Jatim

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Peribahasa itulah yang tepat dengan pembelajaran dan lomba kreativitas serta lingkungan hidup di SD Unggulan AL-YA’LU. Kegiatan Green School Festival baru saja selesai dan SD Unggulan AL-YA’LU meraih salah satu juaranya yang diumumkan tanggal 25 November 2017.

…..Hanya berselang tiga hari, pada Kamis, 28 November 2017 SD Unggulan AL-YA’LU meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2017. Penerimaan penghargaan Adiwiyata itu diselenggarakan berbaregan dengan acara Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang diselenggarakan di Panggung Aneka Satwa Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Kab. Pasuruan. …..

…..Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada  sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang cinta dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan hidup. Penilaian Adiwiyata didasarkan pada beberapa kriteria, diantaranya pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

…..Sekolah Adiwiyata telah menerapkan pendidikan lingkungan hidup sebagai sistem yang dilaksanakan sebagai kegiatan sehari-hari sekolah, atau dengan kata lain telah menjadi budaya cinta lingkungan hidup, budaya hemat energi, hemat air, peduli pada tanaman, mengelola dan mendayagunakan sampah dan limbah dan mengonsumsi makanan sehat. SD Unggulan AL-YA’LU yang memiliki lahan hortikultura merupakan satu-satunya sekolah di Malang yang telah menerapkan makanan organik sepenuhnya.

…..Dengan penghargaan ini, Bapak Kepala SD Unggulan AL-YA’LU  Purnomosidi, S.Pd., M.Si masih belum merasa puas. “Kita bersyukur dan harus bersiap untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, karena itu perlu kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama menjadikan sekolah ini sebagai sekolah sehat, cinta kebersihan dan berbudaya lingkungan lestari”, paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Archives
December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Siswa AL-YA’LU Bersama Menlu
Bapak Mendikbud di AL-YA’LU
ALYA’LU Scout Goes To USA
AL-YA’LU Scout in USA